Usaha Makanan Rumahan
Bisnis

Usaha Makanan Rumahan

Bangun usaha makanan rumahan kini cukup keluar modal 5 juta rupiah atau bisa kurang dari nominal tersebut. Sekarang dunia bisnis dapat digeluti siapa saja, mulai dari mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga. Waktu luang yang cukup lama bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan usaha rumahan makanan yang mana jika dijalankan lumayan menghasilkan.

Dengan teknologi mutakhir, Anda bisa memulai usaha makanan rumah online yang dapat menjangkau banyak konsumen. Apalagi modal bisnis tersebut sangat terjangkau dan tidak menguras tabungan karena nominalnya tidak lebih dari 5 juta rupiah. Penasaran dengan ide usaha makanan modal murah meriah yang dijalankan dari rumah? Berikut jawabannya.

Ide Usaha Makanan Rumahan Modal Kecil

1. Bubur Ayam

Bubur ayam hampir bisa ditemukan di setiap sudut kota, rumah, tempat keramaian, terminal dan sebagainya setiap paginya. Namun di malam hari banyak juga pedagang yang berjualan bubur ayam saat ini, walau masih enak disantap ketika pagi hari. Pecinta bubur ayam di Indonesia cukup ramai dan ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru.

Meskipun bubur ayam identik dijajakan pedagang menggunakan gerobak, namun tidak aturan bahwa bubur ayam tidak dapat dijadikan usaha makanan rumahan. Sehingga, Anda dapat menekan biaya sewa tempat karena tidak perlu mencari lokasi usaha baru lagi. Adapun keuntungan lain yang diperoleh adalah modal usahanya tidak sampai 5 juta rupiah.

2. Nasi Uduk atau Nasi Kuning

Baik nasi uduk maupun nasi kuning sangat diminati banyak orang karena sering dijadikan menu sarapan. Berbagai kalangan sangat senang menyantap hidangan yang sering dijumpai di seluruh pulau Jawa serta menjadi makananan khas Indonesia yang lezat.

Modal yang perlu disiapkan untuk membangun usaha makanan nasi uduk atau nasi kuning juga tidak terlalu banyak. Karena bahan baku pembuat hidangan termasuk kategori yang mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun supermarket besar.

3. Aneka Gorengan

Menjual aneka gorengan termasuk bisnis makanan yang memakan modal awal tidak lebih dari 5 juta rupiah. Peluang usaha gorengan cukup menjanjikan karena biasanya setiap sarapan pagi sebagian besar masyarakat kita tidak senang menyantap hidangan berat. Mereka lebih memilih gorengan sebagai santapan paginya.

Anda dapat menjual aneka gorengan yang disukai banyak orang seperti tahu goreng, tempe goreng, bakwan, singkong, pisang goreng dan sebagainya. Anda dapat menambahkan cabe rawit atau lontong sebagai menu tambahan.

4. Roti Bakar

Membuka usaha makanan rumahan khususnya roti bakar bisa dijalankan siapa saja. Para pelaku bisnis ini sering menjajakan dagangan ketika malam hari tiba. Ada lumayan banyak orang yang menjalankan bisnis roti bakar karena bahan bakunya mudah didapatkan di pasaran. Selain itu, hal ini juga membuktikan bahwa bisnis ini cocok dijalankan siapa saja.

Klik lihat: Contoh sistem kerjasama

Jika ingin bersaing dengan pedagang lainnya, Anda harus berinovasi dan mengkreasikan roti bakar sehingga memiliki nilai jual lebih. Misalnya, menciptakan bentuk roti bakar yang unik atau menyediakan varian rasa dan toping yang belum dijual pedagang lainnya. Jika perlu, buat kemasan roti bakar Anda lebih menarik sehingga minat pembeli bertambah.

5. Jajanan Pasar

Jajanan pasar tradisional cukup banyak diminati masyarakat Indonesia. Kita dapat menjumpai bisnis makanan ini di berbagai daerah karena mayoritas penduduk kita sangat menyukai kudapan tradisional ini. Anda dapat menjual jajanan pasar seperti kue soes, lemper, onde-onde, risoles dan sejenisnya di rumah pada waktu pagi hari.

Jajanan pasar tradisional memang selalu diburu masyarakat ketika pagi hari tiba. Dalam bisnis ini Anda bisa memerankan dua peran sekaligus. Yaitu peran sebagai pembuat kue basah atau sebagai agen yang menjual kue basah.

6. Frozen Food

Masyarakat Indonesia sudah cukup lama mengenal frozen food atau makanan beku. Beberapa produk frozen food yang sering dikonsumsi warga kita adalah siomay, bakso, nugget, sosis, kentang goreng. Selain itu, masih banyak produk olahan frozen food yang terbuat dari berbagai bahan dan varian rasa.

Jika menjalankan usaha makanan rumahan ini, Anda perlu menjaga makanan ini tetap beku dengan menyimpannya di lemari pendingin. Jika tidak ingin memproduksi produk, Anda dapat menjadi reseller atau agen frozen food di rumah.

7. Makanan Ringan

Menjual makanan ringan atau snack merupakan contoh usaha makanan selanjutnya selain frozen food yang patut dicoba di rumah. Kebanyakan masyarakat kita memiliki hobi ngemil makanan ringan yang pedas, asin dan gurih. Contohnya, keripik singkong, seblak kering, makaroni kering, kerupuk kulit dan sejenisnya yang banyak dicari.

Anda dapat membuat makanan ringan sendiri ataupun menjadi reseller merk snack tertentu. Atau Anda dapat membeli bahan baku snack dan mengemasnya kembali sesuai konsep dan merk dagangan Anda.

8. Aneka Mie

Masyarakat kita juga menjadikan mie sebagai makanan favoritnya. Sehingga sekarang ini, banyak produk olahan mie yang dikreasikan para pelaku industri makanan untuk menarik minat pembeli. Peluang usaha makanan aneka mie akan menjanjikan keuntungan besar apabila Anda mampu menyajikannya dengan unik.

Bagaimana tidak, hampir semua kalangan masyarakat kita senang menyantap hidangan seperti mie ayam, mie goreng, mie kuah dan sebagainya. Anda juga dapat berinovasi dan mengembangkan produk mie instan menjadi menu andalan usaha ini.

9. Salad Buah

Beberapa waktu belakangan salad buah menjadi santapan sehat yang disukai banyak orang. Selain nikmat, kudapan ini juga mampu memberi kesegaran karena terbuat dari buah-buahan yang masih segar.

Telah banyak pelaku bisnis yang meraup keuntungan besar setiap harinya dari hasil jualan salad buah. Anda bisa menjadi salah satu dari mereka apabila memulai bisnis modal kecil namun menjanjikan ini.

10. Dessert Cup

Jenis bisnis rumahan makanan dessert cup ternyata cukup menjanjikan. Ada banyak yang menyukai makanan pencuci mulut setelah menyantap hidangan besar. Anda dapat menjual berbagai jenis dessert cup manis yang disukai banyak orang, kemudian dapatkan penghasilan besar dari bisnis ini.

Itu tadi beberapa usaha makanan rumahan dengan modal kurang dari 5 juta rupiah yang dapat Anda coba lakukan. Selamat berbisnis, semoga sukses!

Sumber artikel: https://fakta.co.id

Title : Usaha Makanan Rumahan

You might also like