Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropshipper di Tokopedia

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropshipper di Tokopedia

Di era digital seperti sekarang ini, peluang untuk usaha semakin banyak, tinggal kita sendiri bisa menemukan peluang tersebut atau tidak. Salah satu peluang usaha yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai Dropshipper di Tokopedia.

Usaha dropshipper di Tokopedia adalah salah satu bentuk cara menjual produk dimana pihak penjual atau pengecer tidak menyimpan barang yang dijual, tetapi hanya perlu mengirimkan produk dari para distributor, produsen dan supplier kepada pelanggan yang membeli produk tersebut.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dropship di Tokopedia, alangkah baiknya menyimak dulu beberapa tips berikut ini agar usaha anda dalam menjalankan bisnis dropship selalu lancar.

1.   Memantau Keaktifan Merchant/Toko Online

Cara dropship di Tokopedia yang pertama adalah memantau aktifitas merchant. Di dalam platform tokopedia sudah terdapat beberapa fasilitas atau cara untuk memantau merchant atau toko online, anda bisa memantau keaktifan merchant yaitu dengan cara melihat catatan penjualan, review dari konsumen, serta diskusi antara pihak merchant dengan pihak konsumen.

Selain itu juga terdapat sistem rating yang diberikan pelanggan setelah menyelesaikan transaksi di toko tersebut, baik dan buruknya rating tergantung dari pelayanan dan kualitas produk yang dijual.

Lihat juga Usaha Sampingan Karyawan yang Dapat Dikerjakan Sambilan

Akan tetapi sistem rating ini bukan menjadi jaminan kalau pihak merchant benar-benar mempunyai kualitas produk dan pelayanan yang baik. Indikator yang paling tepat digunakan untuk mengukur kredibilitas merchant adalah melihat keaktifan respon yang dilakukan. Hal ini dikarenakan dalam sebuah transaksi online, komunikasi yang baik dan transparan bisa membuat konsumen lebih yakin dan percaya untuk membeli produk yang dijual.

Jika Anda masih kurang yakin, maka pilihlah supplier yang sudah terdaftar sebagai Gold Merchant, karena suplier atau merchant ini menggunakan fasilitas berbayar di Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa supplier tersebut cukup serius menjalankan bisnis di Tokopedia.

2.   Memilih Produk yang Tepat

Ketika sedang mencari produk yang cukup potensial untuk Anda jual sebagai dropshipper di Tokopedia, perhatikan mengenai ketersediaan produk tersebut, pastikan stok produk masih cukup banyak. Usahakan untuk menghindari memilih barang yang ketersediaan atau proses produksinya tidak bisa dipastikan walaupun produk itu terkesan unik dan mempunyai potensi untuk dijual.

Sebab jika terjadi keterlambatan pada proses produksi atau keterlambatan menyuplai barang, sedangkan pesanan sudah cukup banyak dan pelanggan sudah mulai menanyakan kejelasan mengenai produk yang mereka beli, hal ini akan berdampak pada kredibilitas Anda sebagai dropshipper.

Ada baiknya untuk memilih produk yang dibuat secara masal, hal ini bertujuan jika terjadi masalah di pihak supplier, maka dengan cepat bisa mencari produk di supplier lain. Jika Anda tetap ingin menjual produk yang bersifat unik dan terbatas, maka pastikan terlebih dahulu pihak merchant bisa tetap menyuplai produk tersebut, dan Anda juga perlu membatasi jumlah penjualan.

3.   Berikan Nilai Jual yang Unik

Baik konsumen maupun pebisnis sudah banyak yang memiliki mindset untuk memilih produk dengan harga yang murah. Hingga akhirnya banyak yang membanting harga untuk menarik pelanggan.

Hal ini tidak terlepas dari kenyataan jika selama ini harga merupakan hal pertama yang dilihat. Calon konsumen banyak yang berburu produk dengan harga termurah. Kebiasaan inilah yang akhirnya membuat banyak pebisnis memberikan harga yang sangat ekonomis.

Penting untuk diketahui jika hal ini tidak selamanya bisa membuat bisnis naik daun. Jika diteruskan dalam jangka waktu yang panjang yang ada hanya menyulitkan diri sendiri. Untuk itu menambahkan nilai jual sebuah produk merupakan langkah cerdas menarik pelanggan. Melalui nilai jual inilah Anda bisa memberikan produk dengan harga yang lebih mahal.

4.   Menjalin Hubungan yang Baik

Tips menjalani bisnis dropshipper di tokopedia selanjutnya yaitu menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan pihak supplier atau pihak merchant. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga kepercayaan satu dengan yang lain, karena kepercayaan merupakan hal penting dalam menjalani bisnis bersama.

Jika Anda sudah cukup baik dalam bekerjasama dengan pihak merchant atau pihak supplier, tidak ada salahnya untuk bertemu langsung atau mengunjungi lokasi toko fisik pihak merchant, jika lokasinya cukup dekat dan mudah untuk dijangkau.

Hal ini bisa memberikan manfaat bagi Anda, seperti dapat melihat langsung kualitas produk yang selama ini dijualbelikan dan mungkin juga mendapatkan potongan harga, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari biasanya.

5.   Mempromosikan Produk

Tips lain agar Anda selalu lancar dalam bisnis dropshipper di tokopedia adalah dengan cara melakukan Promosi. Sebagus apapun produk yang Anda jual di Tokopedia, akan terasa percuma jika tidak ada orang yang dapat melihatnya. Cara paling mudah melakukan promosi adalah dengan memberitahu teman, kolega dan orang di sekitar Anda, dan meminta mereka untuk membantu mempromosikan jualan Anda.

Jika cara tersebut dirasa kurang membantu penjualan, Anda juga bisa mempromosikan produk yang anda jual melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram dengan sistem paid promote.

Alokasikan dana tertentu untuk melakukan promosi berbayar seperti itu. Di platform Tokopedia sendiri juga ada fitur TopAds, yang bisa membuat produk anda selalu berada di bagian teratas pencarian, hal ini tentu akan membuat produk Anda mudah ditemukan oleh pembeli.

6.   Pelayanan yang Maksimal

Tips terakhir yang perlu anda lakukan untuk memulai bisnis dropshipper di Tokopedia yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik dan maksimal. Pelayanan yang baik dan maksimal bisa dilakukan dengan membalas pertanyaan yang datang dari calon pembeli secara cepat dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Jadi para calon pembeli tidak harus menunggu lama untuk mengetahui produk yang ingin mereka beli. Jika Anda tidak cepat tanggap memberikan respon, maka ada kemungkinan calon pembeli tersebut mengurungkan niatnya untuk jadi membeli produk di toko Anda.

Lihat juga Usaha Makanan Rumahan Yang menghasilkan

Pengalaman dropshipper di Tokopedia akan membuat Anda semakin mengerti bagaimana karakter calon pembeli dan produk apa saja yang paling laris di pasaran. Hal ini akan membuat Anda semakin mudah menjalankan usaha dropshipper. Bisnis dropship memang cukup menguntungkan dan menjanjikan jika Anda mampu mengelola dengan baik.

Itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda terapkan ketika memiliki keinginan menjadi dropshipper di Tokopedia. Selamat mencoba dan sukses selalu.