Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropshipper di Shopee

Menjadi dropshipper di Shopee semakin banyak dilirik orang, mengingat kenaikan produk online semakin meningkat.  Menjual produk secara online sedang banyak diminati oleh banyak orang dimanapun itu di era teknologi seperti sekarang ini. Potensi menjual produk secara online semakin tinggi dengan adanya berbagai macam marketplace dan e-commerce atau toko online seiring dengan berkembanganya teknologi saat ini.

Bisnis online dengan sistem dropship ini dirasa cukup menjanjikan dan yang paling menarik yaitu anda bisa menjalankan usaha dropship di shopee tanpa modal. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika membangun usaha dropshipper.

1.   Mencari Supplier yang Tepat

Dalam memulai bisnis dropship di shopee yang pertama dilakukan adalah menemukan supplier yang tepat. Pastikan supplier yang Anda pilih mempunyai reputasi yang baik. Untuk dapat mengetahui reputasi supplier atau toko online di shopee, Anda bisa melihat catatan penjualan yang tertera pada halaman toko online tersebut.

Selain itu Anda juga bisa melihat diskusi yang dilakukan antara konsumen dengan toko online, serta review yang diberikan oleh konsumen yang sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya. Di Shopee juga terdapat sistem rating yang tergantung pada performa dan kualitas pelayanan serta produk yang dijual supplier tersebut.

Lihat juga Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropshipper di Tokopedia

Usahakan dalam memilih suplier juga memperhatikan produk yang mereka jual, dan memilih suplier yang hanya menjual satu tema produk. Sebagai contoh, jika Anda berniat menjual produk atau barang fashion untuk bisnis dropship di shopee, maka Anda dapat memilih suplier yang memang menjual berbagai macam barang fashion seperti, bajum tas, sepatu dan produk fashion lainnya.

2.   Survey Pasar

Jika anda sudah mendapatkan dan memilih satu supplier yang dirasa tepat, langkah selanjutnya yaitu Anda perlu melakukan survei pasar terhadap produk yang akan Anda jual. Tahan dulu keinginan untuk langsung menjual produk dan barang dari supplier pilihan Anda.

Ada dua poin yang perlu Anda ketahui dalam melakukan survey di platform shopee. Poin pertama yang perlu diperhatikan yaitu apakah produk yang akan Anda jual cukup diminati dan dicari oleh banyak orang, jika tidak, maka cukup sulit bagi Anda mendapatkan konsumen yang mau membeli barang yang memang cukup jarang orang membelinya.

Poin kedua yang perlu diperhatikan juga yaitu melakukan survey tentang berapa banyak penjual atau seller yang menawarkan produk yang sama dan juga mengetahui berapa harga produk tersebut dijual oleh calon kompetitor Anda. Jika produk yang ingin Anda jual cukup diminati oleh pasar, maka Anda dapat menjual dengan harga yang hampir sama dengan seller atau penjual lain.

3.   Memodifikasi Foto Produk

Para konsumen atau orang yang berbelanja di toko online biasanya sudah cukup selektif dalam memilih produk atau barang yang akan mereka beli. Bahkan banyak konsumen yang bisa membedakan hanya dari sebuah foto produk, dan menemukan mana penjual yang benar-benar memilik stok barang dan mana penjual yang hanya melakukan bisnis dropship.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berjualan dengan sistem dropshipper di shopee, yang harus dilakukan adalah sedikit mengubah foto produk dari supplier sebelum menjualnya di akun shopee milik Anda sendiri.

Ada beberapa cara untuk mengubah atau memodifikasi foto produk dari supplier, seperti mengubah background foto atau memberi logo atau nama dari toko online yang Anda miliki. Dengan itu konsumen akan lebih yakin dan percaya untuk mau membeli produk yang Anda jual.

4.   Promosi

Tips jadi dropshipping di Shopee selanjutnya yaitu dengan melakukan promosi. Aplikasi Shopee sudah menyediakan berbagai fitur-fitur promosi bagi para penjual atau seller, yang dirasa dapat meningkatkan penjualan produk yang Anda jual.

Fitur-fitur promosi di shopee ada beberapa macam, seperti flash sale dengan potongan harga tertentu atau fitur gratis ongkir yang cukup diminati banyak orang. Manfaatkan kemudahan ini untuk memasarkan produk Anda.

Tetapi penting juga diingat untuk tetap melakukan promosi dalam tahap yang wajar, artinya tidak banting harga secara berlebihan. Pasalnya hal ini sangat berpengaruh terhadap proses bisnis Anda kedepannya nanti.

5.   Gunakan Strategi Branding

Branding merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Melalui langkah inilah bisnis bisa dikenal banyak orang. Dengan strategi yang tepat akan lebih mudah menarik pelanggan serta membuat bisnis menjadi berbeda. Membuka toko online, baik itu dengan sistem dropship tanpa sebuah branding sama halnya membuat toko untuk dilupakan secara perlahan.

Dengan hal itu juga maka banyak para pebisnis model dropship tanpa branding mengobral harga sangat miring. Hingga akhirnya lapaknya tutup dikarenakan penjualannya tidak mencukupi. Terkait dengan hal ini penting untuk membuat identitas bisnis menjadi unik sehingga produk memiliki nilai jual yang unik.

Penting untuk menjadikan branding sebagai bagian dari diri sehingga Anda bisa menciptakan proses bisnis semakin dikenal dengan membuat logo, sosial media hingga website yang menarik.

6.   Memanfaatkan Media Sosial

Dalam melakukan promosi, selain menggunakan beberapa fitur yang sudah tersedia di aplikasi Shopee, Anda juga bisa melakukan Promosi melalui berbagai media sosial yang ada, seperti Facebook dan juga Instagram.

Anda juga bisa menggunakan sistem promosi berbayar pada media sosial tersebut. Namun anda perlu menyisihkan biaya tersendiri untuk dapat melakukan promosi berbayar di Facebook atau Instagram.

Lihat juga Usaha Sampingan Karyawan yang Dapat Dikerjakan Sambilan

Melakukan promosi di berbagai media sosial akan mendatangkan manfaat bagi Anda yang menjalani bisnis dropship di Shopee. Karena dengan adanya promosi di luar shopee seperti itu, ada potensi produk yang Anda jual diketahui oleh lebih banyak orang dan akan mendatangkan pembeli yang sebelumnya belum pernah mengakses aplikasi Shopee.

Itu tadi beberapa tips dan cara menjalankan bisnis berjualan produk secara online dengan sistem dropshipper di shopee. Semoga dengan adanya beberapa tips yang telah disebutkan di atas, bisnis dropship anda menjadi lancar, dengan catatan Anda mampu mengelola bisnis tersebut dengan baik.