Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pesona keindahan di Pantai Sadranan turut ambil bagian dalam menarik para wisatawan. Itu tak lepas dari panorama bawah lautnya dengan ragam jenis ikan laut menghiasi setiap spot pantai yang berlokasi di Gunungkidul ini.

Tak heran, bila tempat rekreasi yang eksotis ini selalu ramai pengunjung sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di Jogja.

Sejarah Pantai Sadranan

Perlu Anda ketahui bahwa latar belakang nama destinasi wisata ini menyimpan cerita budaya yang menarik. Dimana, di lokasi ini memiliki tradisi yang unik, yaitu “Nyadran”.

Dalam budaya Jawa, tradisi Nyadran sendiri merupakan bentuk upacara tradisional berupa ritual sedekah bumi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Ungkapan rasa syukur tersebut dikarenakan melimpahnya hasil tangkapan ikan nelayan di sekitar area pantai. Wajar, mengingat mayoritas penduduk di area sini bermata pencaharian sebagai nelayan dengan mengandalkan hasil laut.

Oleh karena budaya “Nyadran” tersebut, akhirnya nama tradisi ini diadopsi sebagai nama Pantai Sadranan yang hingga kini sudah dikenal luas oleh para wisatawan.

Lokasi dan Rute Pantai Sadranan

Lokasi obyek wisata ini secara administratif berada di Dusun Pulegundes, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DIY. Secara geografis, letaknya di antara Pantai Ngandong dan Slili.

Untuk rutenya cukup mudah dilalui. Jika Anda bingung, bisa menggunakan Google Maps untuk mencapai lokasinya menggunakan bus pariwisata jogja.

Aktivitas di Pantai Sadranan

Ragam aktivitas bisa Anda lakukan di tempat rekreasi menarik ini. Karena, selain menikmati pemandangan laut dengan batuan karangnya yang indah, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas untuk mengisi liburan.

  • Snorkeling

Satu hal yang pasti dan menarik dari tempat wisata ini adalah snorkeling. Sebab, tempat liburan yang satu ini menawarkan panorama indah bawah laut dengan terumbu karang alami serta berbagai biota laut yang sangat jelas terlihat.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di dalam air sekaligus memberi makan ikan-ikan kecil di laut dengan beraneka ragam jenis yang sangat jarang Anda temui di toko ikan hias air tawar.

Nah, untuk alat snorkeling, Anda bisa menyewanya dengan biaya Rp 50.000 selama 2 jam.

Disarankan waktu yang baik untuk menikmati aktivitas snorkeling adalah saat pagi antara jam 06.00 – 08.00 ataupun sore dari jam 16.00 – 17.30 dimana terik matahari pada waktu tersebut tidak terlalu panas.

  • Menyusuri Pantai dengan Perahu Kano

Tak beda dengan Pantai Pandawa di Bali dan Mandalika di Lombok, di sini pun Anda juga bisa mendayung menggunakan Perahu Kano untuk menikmati hempasan ombak, birunya air laut, dan bukit-bukit karang yang berderetan.

Untuk harga sewanya pun sama dengan menyewa alat snorkeling, yakni Rp 50.000 untuk 2 jam pemakaian.

  • Sajian Sunrise dan Sunset yang Menakjubkan

Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah keindahan sajian sunrise dan sunset yang benar-benar memberi daya pikat tersendiri.

Hanya dalam satu titik di lokasi ini, Anda bisa menikmati terbit dan tenggelamnya sang surya. Kedua momen indah tersebut sangat rugi jika dilewati begitu saja.

Dua momen terbaik tersebut tentu bisa Anda abadikan dalam satu bingkai foto yang menarik sebagai kenangan akan kunjungan Anda ke lokasi wisata ini.

  • Camping Ground

Dikarenakan areanya yang cukup luas maka tak heran bila lokasi wisata ini banyak digunakan sebagai tempat berlibur dengan mendirikan tenda camping.

Akan terasa asik sekali ketika malam tiba dengan sajian api unggun menikmati suasana malam di pinggiran pantai dengan pemandangan langit yang mengagumkan.

Menariknya, bila Anda ingin camping di sini, Anda tak perlu repot-repot membawa tenda. Karena, di area sekitar lokasi sudah disediakan tempat penyewaan camping dengan harga sewa Rp 50.000 untuk kapasitas 4 orang.

Biaya Tiket Masuk

Untuk tiket masuk ke lokasi ini, pihak pengelola telah mematok harga tiket senilai Rp 10.000 untuk satu orang.

Selain biaya tiket, Anda juga akan dikenai biaya parkir seharga Rp 2.000 untuk motor. Sedangkan, bila Anda membawa mobil maka biayanya mencapai Rp 5.000.

Selain itu, beberapa fasilitas juga turut disediakan di tempat wisata ini. Antara lain seperti toilet umum, warung makan, jasa foto, ruang ganti, dan beberapa penginapan.

Banyak homestay yang ditawarkan di sekitar area lokasi pantai dengan harga kisaran mulai Rp 200.000 per malamnya.

Jadi, buat Anda yang punya rencana camping ataupun bermalam di lokasi, jangan khawatir. Karena, sudah banyak penginapan dengan harga sewa yang relatif terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Dewasa atau anak-anakRp. 10.000

 

Tarif Parkir
MobilRp. 5.000
Sepeda MotorRp. 2.000

Sebagai salah satu spot snorkeling terbaik, tentu saja di sini Anda akan banyak mendapat pengalaman berlibur yang mengasyikan. Apalagi, ditambah dengan panorama biota laut dan batuan koral laut yang begitu elok dan eksotis ditambah suasana hamparan pasir putih yang alami.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berlibur ke Pantai Sadranan yang berlokasi di Gunungkidul, Jogja ini? Siapkan rencana Anda dengan matang.