apa itu seo

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu optimasi website yang saat ini sudah cukup populer. Namun, tidak sedikit pemilik website yang masih belum tahu pengertian SEO secara mendalam. Padahal, optimasi ini sangat powerfull untuk meningkatkan traffic web.

Selain meningkatkan traffic, juga mampu meningkatkan ranking di Google. Dengan begitu, website Anda mudah muncul di halaman pertama mesin pencari. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi Anda, terutama bisnis yang dijalankan secara online.

Pengertian SEO Menurut Para Ahli

Ada sejumlah pakar atau ahli yang sudah bersuara terkait apa itu SEO. Nah, berikut rangkuman pengertian-pengertiannya:

SEO Menurut Neil Patel

Neil Patel adalah seorang pakar digital marketing ternama. Menurut beliau, SEO adalah sebuah proses untuk mengoptimalkan konten online. Tujuannya yaitu agar mesin pencari menampilkannya sebagai hasil paling atas untuk pencarian kata kunci yang telah diarahkan.

SEO Menurut Brian Dean

Brian Dean adalah salah seorang SEO Expert di dunia. Menurut beliau, SEO merupakan ilmu dan seni yang mengarahkan traffic web yang ditargetkan ke website milik seseorang dari search engine.

SEO Menurut Marieke van de Rakt

Markie adalah seorang CEO di Yoast. Menurut beliau, SEO merupakan sebuah praktik untuk mengoptimalkan website agar mencapai posisi tinggi di hasil search engine. Selain itu, menurut beliau, SEO juga merupakan sebuah optimasi yang berfokus pada peningkatan peringkat di search engine secara organik, atau tidak berbayar.

SEO Menurut Dax Herrera

Dax Herrera adalah salah seorang ahli dalam digital marketing. Menurut beliau,  misi dari Google yaitu mengorganisir semua informasi dari berbagai belahan dunia. Dengan begitu, Google dapat dengan mudah mengorganisir informasi dari klien agar membuatnya bisa diakses oleh robot, kemudian menghasilkan uang.

Jasa SEO: https://seo.web.id

Apa Tujuan SEO?

Sesuai namanya, SEO bertujuan untuk memperoleh posisi terbaik di halaman hasil pencarian. Namun sayangnya, banyak pengelola website terkecoh. Kebanyakan pemula lebih fokus mengejar posisi tertinggi dan mengabaikan banyak faktor penting.

Tujuan dari dilakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off page yaitu untuk meraih traffic tinggi atau kunjungan ke website. Artinya, letak kepuasan pengunjung adalah hal utama dari optimasi SEO. Semakin betah mereka di website Anda, semakin banyak kunjungan hingga pembelian produk maupun layanan.

Artinya, traffic yang tinggi, dan website yang menempati posisi terbaik di mesin pencari adalah tolok ukur kesuksesan SEO.

2 Jenis SEO yang Wajib Diketahui

SEO sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu SEO on Page dan SEO off page. Keduanya wajib dijalankan bersamaan. Kedua optimasi ini saling berkaitan. Silahkan Anda kenali terlebih dahulu, pelajari, kemudian aplikasikan.

Nah, berikut penjelasan tentang kedua jenis SEO tersebut:

SEO On Page

Sesuai namanya ‘on page’, optimasi ini dilakukan di dalam website Anda. Ada beberapa optimasi yang masuk ke dalam kategori ini. Beberapa optimasi tersebut di antaranya seperti:

  • Mengoptimalkan kecepatan website
  • Menggunakan tema yang responsif
  • Judul konten yang menarik
  • Penggunaan heading pada setiap konten artikel
  • Struktur konten yang baik
  • Internal link
  • Dan lainnya

SEO Off Page

Jika on page dioptimasi di dalam website, maka off page dioptimasi di  luar website itu sendiri. Ada beberapa optimasi yang bisa Anda maksimalkan. Backlink merupakan salah satu contoh dari SEO off page.

Backlink sendiri akan menjadi indikator bahwa website atau konten Anda menjadi rujukan dari website lain. Namun, backlink yang didapatkan tidak boleh sembarangan. Sebaiknya menggunakan website berkualitas sebagai rujukan backlink agar hasilnya optimal.

Kenapa SEO Sangat Penting untuk Website

SEO merupakan optimasi wajib untuk website. Adapun alasan kenapa website harus dioptimasi SEO adalah sebagai berikut:

  • Konten Berpotensi Muncul di Halaman Utama Pencarian

Jika konten hanya muncul di halaman kedua atau ketiga, maka kecil kemungkinan mendapatkan banyak traffic. Namun, tidak demikian halnya jika website muncul di halaman utama. Website Anda akan kebanjiran traffic yang akan berpengaruh baik pada bisnis yang sedang dikelola.

Infront Webworks pernah mengemukakan, bahwa 91% traffic didominasi oleh website di halaman pertama pencarian Google. Lebih spesifik lagi, 91% tersebut adalah website yang berada di posisi 1 hingga 3.

  • Bagus Untuk Bisnis

Jika Anda sedang menjalankan bisnis online, SEO adalah optimasi wajib yang harus Anda aplikasikan.  Karena, optimasi ini terbilang organik. Alhasil, pengunjung yang datang secara organik, akan lebih mudah dikonversi menjadi customer.

Hal di atas merupakan fakta berdasar data SimilarWeb. Menurut data tersebut, traffic organik umumnya 10 kali lebih mudah dikonversi jika dibandingkan traffic yang diarahkan dari social media.

  • Website Mudah Ditemukan

Salah satu optimasi SEO adalah riset kata kunci. Nah, kata kunci tersebut, nantinya akan digunakan atau diaplikasikan pada setiap konten. Kata kunci inilah yang dapat memudahkan pengguna search engine untuk menemukan konten Anda.

Contohnya, Anda memilih topik utama fashion untuk website. Ada banyak varian kata kunci yang bisa digunakan. Beberapa kata kunci tersebut seperti busana muslim, kerudung, dan lainnya. Silahkan Anda pilih salah satunya sesuai dengan topik yang dipilih.

  • Meningkatkan Kredibilitas dan Brand Awareness

Saat ini, hampir 88% customer melakukan riset online sebelum membeli produk atau layanan. Kondisi ini menuntut para pebisnis untuk memiliki kredibilitas dan brand awareness yang baik di dunia maya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas dan brand awareness yaitu dengan mengoptimasi SEO. Semakin mudah website ditemukan di mesin pencari, tentu akan semakin mudah orang mengenal Anda.

Nah, itulah beberapa pengertian SEO menurut para ahli. Jika Anda sedang mengelola website, pastikan optimasi ini telah diaplikasikan. Karena, jika website tidak dioptimasi, kecil kemungkinan mendapatkan traffic yang bagus.